Pertemuan kali ini tentunya kita masih melaksanakan BDR (Belajar Dari Rumah).🏡
Berdasarkan hal tersebut, mari kita simak bersama Materi selanjutnya yaitu "Etika Komunikasi dalam Pembelajaran Daring"
MATERI I
Etika Komunikasi dalam Pembelajaran Daring
(Etika Siswa Menghubungi Guru Via Online)
Komunikasi dalam pembelajaran daring merupakan komunikasi yang dilakukan siswa-guru atau sebaliknya guru-siswa melalui berbagai media digital/aplikasi pembelajaran online. Penggunaan media-media digital/aplikasi pembelajaran online tentu saja lebih efektif dalam masa Pandemi Covid-19 ini. Melalui media-media tersebut, komunikasi bisa dilakukan tanpa harus tatap muka secara langsung kepada lawan bicara (bukan komunikasi lisan). Sayangnya, karena sifatnya yang bisa demikian, hal ini menyebabkan banyak orang yang kemudian tidak terlalu memperhatikan apa saja yang perlu diperhatikan saat menerapkan penggunaan komunikasi digital dalam pembelajaran daring ini. Termasuk para siswa, hendaknya ketika siswa berkomunikasi dengan guru tentu harus memperhatikan etika komunikasi tersebut. Contohnya saat siswa menghubungi guru terkait tugas yang diberikan.
Pengertian Etika Komunikasi
Istilah etika berasal dari kata ethikus (latin) dan dalam bahasa Yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia.
Jadi, etika komunikasi adalah norma, nilai, atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat. Termasuk dalam proses kegiatan pembelajaran daring, walaupun komunikasi antara guru-siswa tidak berlangsung secara tatap muka langsung, namun hendaknya etika dalam berkomunikasi tetap harus selalu diperhatikan. Terlebih bagi para siswa, sudah menjadi kewajiban bagi setiap siswa untuk bersikap sopan dan selalu menghormati para guru.
Berikut ada 8 hal yang harus selalu diperhatikan para siswa ketika akan menghubungi/berkomunikasi dengan guru dalam pembelajaran Daring, yakni:
1. Perhatikan Waktu
Saat kalian ingin menghubungi guru apabila ada materi yang dirasa kurang jelas atau ingin bertanya terkait dengan materi yang diberikan. Hendaknya kalian perhatikan waktu yang tepat. Hindari waktu istirahat dan waktu ibadah. Silahkan kalian bisa pilih waktu sesuai jadwal pelajaran yang sudah ditentukan atau waktu yang memang sudah menjadi kesepakatan sebelumnya antara Guru dengan para siswa.
2. Pilihan Bahasa
Tulisan atau gaya Bahasa merupakan bentuk dari perwakilan diri kita saat melakukan proses komunikasi digital. Sebenarnya tidak hanya tulisan, melainkan semua konten digital yang kita kirimkan bisa mewakili diri kita. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih Bahasa atau konten yang akan kita kirimkan kepada Guru. Gunakan Bahasa yang baik dan sopan. Jangan sampai Bahasa yang kita gunakan sampai menyinggung Guru dan menimbulkan kesalahpahaman/perselisihan.
3. Ucapkan salam
Setiap komunikasi yang kita lakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung, biasakan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu. Ucapkan salam agar komunikasi yang akan kalian lakukan penuh dengan keberkahan dan dapat berjalan lancar.
4. Perkenalkan Diri
Hal ini sangat penting, mengingat dalam komunikasi digital kita tidak dapat bertatap muka langsung. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi kalian untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum menyampaikan tujuan kalian menghubungi guru tersebut. Paling tidak kalian sebutkan saja.
- Nama
- Kelas
5. Rendah Hati
Saat berkomunikasi dengan guru dalam proses pembelajaran daring hendaknya kalian bersikap rendah hati. Rendah hati yang dimaksud adalah kalian mencoba untuk lebih menghromati dan menghargai para guru. Tak ada salahnya sebelum kalian menjelaskan maksud dan tujuan kalian menghubungi seorang Guru, kalian biasakan untuk menyisipkan kalimat “Mohon maaf sebelumnya” atau “Mohon maaf jika berkenan….”. Guru akan merasa lebih dihargai dan dihormati sehingga respon guru juga positif sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lancar.
6. To the Point
Dalam proses pembelajaran daring, para guru juga lebih suka siswa yang to the point menjelaskan maksud dan tujuannya dalam menghubungi guru. tidak perlu basa basi yang tak penting kalian langsung jelaskan saja apakah ingin bertanya atau memperjelas materi yang kurang dapat dimengerti.
7. Hidari kata Ganti
Biasakan saat komunikasi dengan guru dalam pembelajaran daring, hindari kata ganti “Kamu” atau “Anda” saat menyebut seorang Guru. Hal tersebut tentu tidak sopan. Kalian bisa menggantinya dengan sebutan “Ibu” atau “Bapak” saja tentu itu lebih sopan.
8. Ucapkan terimakasih
Sebelum mengakhiri komunikasi dengan guru dalam proses pembelajaran daring, biasakan untuk selalu mengucapkan “terimaksih” kepada Guru yang bersangkutan, baru selanjutnya ditutup dengan salam.
Selanjutnya, silahkan anak-anakku sekalian bisa perhatikan gambar dibawah ini agar kalian lebih mudah dalam memahami materi tersebut:
Nah, bagaimana anak-anakku sekalian.. sudah mulai paham ya bagaimana contoh etika komunikasi dalam proses pembelajaran Daring (etika siswa menghubungi guru via online).
Ingat selalu saat kalian akan menghubungi seorang Guru, silahkan terapkan tips ini.. okay !
Jika sudah, yuk silahkan isi lembar evaluasi diri dan absensi pada link dibawah ini:
https://docs.google.com/forms/d/1X6FUFw0cP2G1eoz_X25-2823n8KXfK3GCl1CJ9oOyNA/edit?usp=drivesdk//
Terimakasih, sampai jumpa pada materi selanjutnya.
Salam hangat, BK Sahabat Siswa
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
BK BK BK YES ✊
KEEP SPIRIT !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar